Warung Bebas

Sunday, June 17, 2012

Kunci Hidup yang Tak Pernah Disadari

Kunci Hidup banyak sekali kalau ditelaah dari tiap pemikiran manusia, ada yang merujuk pada sosial, materi dan juga agama. Terlepas dari agama, kunci hidup yang aku akan paparkan ini hanya bagaimana untuk menikmati hidup yang sesungguhnya, yang belum pernah dibahas oleh filsuf manapun, yaitu dengan menciptakan lingkungan anda sendiri.

Apa maksudnya, lingkungan yang seperti apakah?. Lingkungan disini diartikan sebagai lingkungan sosial, dimana anda bergaul dan dimana anda bekerja. Jadi tolak ukur yang ditekankan disini hanya bagaimana anda bergaul, siapakah yang membuat lingkungan pergaulan itu. Namun patut diingat, untuk menciptakan lingkungan sendiri tidaklah mudah, dibutuhkan kualitas dan kharismatik anda.


Kehidupan Bergaul
Namanya makhluk sosial, kita tidak mungkin terlepas dari pergaulan dengan orang lain. Disini lah poin penting yang harus anda jawab, secara tidak sadar ada seseorang yang sebenarnya menjadi tumpuan/patokan dari suatu kelompok bergaul/pertemanan. Ya dialah yang menciptakan lingkungan hidup anda, biarpun anda tidak merasa terpaksa.

Secara alamiah, orang tersebut mempunyai kharismatik tinggi, sehingga tanpa disadari dia berhasil mengambil hati anda. Dia juga mempunyai daya sugesti yang kuat, sehingga anda tidak bisa menolaknya. Wawasan dan pengalaman, serta gaya bergaul juga dimilikinya. Anda akan merasa nyaman jika ada di lingkungan hidupnya, seakan dia adalah pusat kebahagiaan anda.

====
A, B, C, D dan E adalah siswa sma yang selalu terlihat berteman akrab di sekolahnya. Dari kelima siswa tersebut, A seperti ketuanya, kalau nggak ada A, kelompok tersebut jarang berkumpul. Jadi dapat dikatakan, A adalah pencipta lingkungan pertemanan yang dihuni oleh B, C, D, dan E.
====

Menciptakan Lingkungan Hidup Sendiri tidak selalu harus membuatnya dari awal, anda mencari dan mengumpulkan orang-orang kemudian membentuk komunitas/kelompok baru. Tapi bisa juga diartikan anda memasuki lingkungan yang sudah ada, tapi kemudian anda mengambil alih kendali dan menjadi patokan/tumpuan/ketua.

Lalu gimana caranya agar mampu membuat lingkungan hidup sendiri?. Seperti yang aku singgung di muka, hal ini sangatlah sulit karena membutuhkan tipe kepribadian yang berkualitas, di antaranya:
1. Aura Kharismatik
Hal ini tidak dimiliki oleh semua orang karena bisanya merupakan bawaan dari Gen orang tua anda.
2. Daya Sugesti (mempengaruhi orang lain)
Begitupun poin ini, sama seperti no 1. Namun sugesti dapat dipelajari dan dikembangkan.
3. Wawasan dan Pengetahuan
Dalam bergaul, untuk dapat mengimbangi lawan bicara, anda harus mempunyai wawasan dan pengetahuan yang luas, tidak hanya terpaku pada satu hal.
4. Gaya Bergaul
Hal inilah yang dapat membuat lingkungan anda menjadi menyenangkan, istilahnya nggak basi. Selalu ada ide dan topik baru untuk dibahas dan dikerjakan.

Demikianlah Motivasi Hidup kali ini tentang kunci hidup yang sesungguhnya, semoga bermanfaat. Kalau ada yang masih bingung, silahkan bertanya dan jika ada yang menyangkal, mari berdebat.

0 comments em “Kunci Hidup yang Tak Pernah Disadari”

Post a Comment