Warung Bebas

Wednesday, April 4, 2012

April Mop 'The April Fool Day' Haram Bagi Umat Islam

Menanti pagi yang tak kunjung datang, padahal dalam hati berharap malam selalu panjang. Seringkali aku berkhayal bagaimana jika waktu malam diperlama menjadi 15 jam, sedangkan waktu siang 9 jam. Maklumlah, hanya di waktu malam aku bisa santai dan berpikir tenang, melepaskan semua keluh yang ada, bisa dibilang aku anak malam. Terlepas dari itu semua, seperti biasa nyari apa sih yang lagi trend di dunia internet, eh ternyata ada yang unik di tanggal 1 April kemarin, baru tahu kalau ada perayaan April Mop.

Istilah April Mop
April Mop atau yang lebih ngetrend 'April Fools Day' diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun, dimana pada hari itu, seseorang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap keluarga, musuh, teman bahkan tetangga dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu.

April Mop Haram pict

Di beberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afrika Selatan, lelucon hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang hari. Seseorang yang memainkan trik setelah tengah hari disebut sebagai 'April Mop'. Namun di tempat lain seperti Kanada, Perancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat lelucon bebas dimainkan sepanjang hari. Hari itu juga banyak diperingati di Internet.

April Mop diserap dalam bahasa Belanda yang berakti kelakar atau dogeng. Sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal April Fools' Day. Selain itu di Inggris April Mop juga lebih dikenal dengan istilah April Noddie sebutan buat orang-orang yang tertipu. Di Skotlandia, April Mop diperingati selama 2 hari yang dinamakan April Gowk, dan pada hari kedua dinamakan Taily Day< yang dikhususkan mengarah ke fisik seseorang pada anggota badannya.

April Mop di Perancis disebut Poissin d'Avril artinya ikan April oleh sebab itu anak-anak biasanya saling mengganggu dengan mengunting gambar ikan dan menempelkannya di belakang punggung temannya sebagai lelucon. Tapi di Spanyol merayakan April Mop pada tanggal 28 Desember yang disebut Dia de los Santos Inocentes artinya hari anak tak bersalah sampai pemerintahan Spanyol mengeluarkan undang-undang baru agar tanggal 28 Desember 1978 diundur sehari supaya tidak dijadikan bahan tertawaan atau dianggap sebagai lelucon.<

Sejarah April Mop dan Kaitannya dengan Islam
Ketika ribuan umat Islam sudah berkumpul di pelabuhan, kapal yang tadinya bersandar di pelabuhan langsung dibakar dan kaum Muslimin dibantai dengan kejam sehingga air laut menjadi merah karena darah. Peristiwa pembantaian dan pengingkaran janji itu terjadi pada 1 April 1487 Masehi dan dikenang sebagai "The April Fool Day".

Umat Islam sangat tak pantas merayakan “April Mop” atau “The April Fool Day”, karena kebiasaan itu merupakan peringatan peristiwa pembantaian umat Islam di Spanyol pada 1 April 1487 Masehi. Umat Islam banyak yang “latah” dan merayakan April Mop tanpa mengetahui dasar dan asal muasal peristiwa tersebut, kata cendikiawan Muslim, Ir. H. Asmara Dharma.

No April Fools Day pict

Dijelaskannya, perayaan April Mop itu diawali peristiwa penyerangan besar-besaran oleh tentara Salib terhadap negara Spanyol yang ketika itu di bawah kekuasaan kekhalifahan Islam pada Maret 1487 Masehi. Kota-kota Islam di Spanyol, seperti Zaragoza dan Leon di wilayah Utara, Vigo dan Forto di wilayah Timur, Valencia di wilayah Barat, Lisabon dan Cordoba di Selatan serta Madrid di pusat kota dan Granada sebagai kota pelabuhan berhasil dikuasai tentara Salib.

Umat Islam yang tersisa dari peperangan itu dijanjikan kebebasan jika meninggalkan Spanyol dengan kapal yang disiapkan di pelabuhan Granada. Tentara Salib itu menjanjikan keselamatan dan memperbolehkan ummat Islam menaiki kapal jika mereka meninggalkan Spanyol dan persenjataan mereka. Namun ketika ribuan umat Islam sudah berkumpul di pelabuhan, kapal yang tadinya sandar di pelabuhan langsung dibakar dan kaum Muslimin dibantai dengan kejam sehingga air laut menjadi merah karena darah.

Peristiwa pembantaian dan pengingkaran janji itu terjadi pada 1 April 1487 Masehi dan dikenang sebagai “The April Fool Day”.

Selanjutnya, kata Dharma, peristiwa “The April Fool Day” itu dipopulerkan menjadi April Mop dengan 'ritual' boleh mengerjai, menipu dan menjahili orang lain pada tanggal itu, tetapi bernuansa gembira. “Ritual tersebut disyaratkan dengan tidak bolehnya orang yang ditipu dan dijahili itu marah dan membalas,” katanya.

Salah seorang remaja Muslim, Julia Putri, mengaku tidak mengetahui Sejarah April Mop, meski sering melakukannya ketika masih di bangku sekolah. Namun Julia mengaku terkejut jika perayaan April Mop terkait dengan peristiwa pembantaian umat Islam di Spanyol.& Sementara itu, Rita Sahara, remaja Medan lainnya, juga menyatakan tidak mengetahui sejarah awal perayaan April Mop.

Dia menyatakan hanya mengetahui April Mop berkaitan dengan praktek menjahili, menyampaikan informasi bohong dan mengolok-olok orang lain dengan membuat kejutan. Setelah mengetahui sejarah April Mop itu, ia mengimbau umat Islam, khususnya kaum remaja, tidak perlu merayakan April Mop karena sama artinya merayakan pembantaian umat Islam.

Sekianlah alasan mengapa umat islam tidak seharusnya ikut serta merayakan April Mop atau The April Fool Day. Oia artikel di atas aku kumpulkan dari wikepedia dan antara.co.id, semoga menjadi wawasan dan pegangan bagi kita umat islam.

0 comments em “April Mop 'The April Fool Day' Haram Bagi Umat Islam”

Post a Comment