Warung Bebas

Saturday, December 15, 2012

Setan di Kiamat 21 Desember 2012

Kiamat 21 Desember 2012 menjadi topik trend media masa di seluruh dunia, terutama media online. Tiap menit muncul berita seputar penyangkalan kiamat dan info antariksa yang 'seakan' dianggap pertanda kiamat. Lucunya, banyak orang di belahan bumi yang tidak percaya tapi mengapa kabar tersebut terus diekspose, bahkan secara berlebihan.

Uang dan popularitas, yap itulah yang mereka cari. Banyak pihak yang menjadikan isu tersebut sebagai alat untuk menghasilkan keuntungan tanpa mengetahui bahwa mereka sebenarnya termasuk SETAN. Mengapa?, sebelum mengutarakan pendapatku dengan analogi sederhana, ada baiknya mengetahui mengapa kiamat jatuh pada tanggal 21 Desember 2012.

suku maya kiamat 2012

Kalender Suku Maya
Prediksi kiamat yang didasarkan pada kalender suku maya bermula ketika para arkeolog menemukan prasasti di situs purbakala di Tabasco, Meksiko. Kemudian mereka menerjemahkannya, dan hasil tafsirannya tersebut kurang lebih mengungkapkan bahwa hari kiamat jatuh pad 21/12/2012.

Hal tersebut jelas merupakan sebuah kesalahan karena maksud dari tanggal 21 mendatang adalah Suku Maya kuno menghentikan hitungan kalendernya untuk memulai periode baru atau baktun.

Menurut ahli Suku Maya, mitologi klasik Maya berkutat di seputar sejarah yang berulang dalam lingkaran tanpa akhir, sesuai dengan waktu yang mencapai jumlah triliunan tahun. Sedangkan penelitian pada november silam di sebuah gua stalaktit di Belize telah menambah bukti bahwa masa akhir yang dikatakan dalam Kalender Maya adalah mengenai kematian salah satu rajanya.

Namun biarpun kekeliruan penafsiran, tapi hal tersebut dimanfaatkan para pihak untuk menggapai keuntungan. Pembicaraan kiamat 2012 pun mencapai puncak dengan pemutaran film thriller berjudul "2012" pada 2009 silam. Lalu bermunculan teori-teori gila yang mendukung terjadinya kiamat pada hari itu.

Media Masa Menjelma Menjadi Setan
Percayakah anda pada isu kiamat 21 desember 2012?, saya yakin 99% dari anda tidak percaya. Ya semoga saja, 'semoga' anda benar-benar tidak percaya dan mempunyai rasa takut jika hal tersebut terjadi. Manusia memang mempunyai rasa takut, tapi kalau anda takut pada hal yang tidak ada dalam ajaran agama, bukankah sama halnya anda terayu godaan setan.

Lalu siapa yang menjadi tokoh setan?. Ya seperti yang kita ketahui, banyak pihak terutama media masa baik dalam maupun luar negeri mengeksploitasi berita kiamat 2012 secara berlebihan. Yang menjadi permasalahan adalah media masa dalam negeri mengetahui dengan benar bahwa mayoritas penduduk Indonesia bergama Islam, lalu mengapa mereka terus membahas isu kiamat.

Ya tidak masalah bila info yang disajikan adalah penyangkalan, namun ternyata banyak juga info penegasan. Jika terus dibiarkan, sedikit demi sedikit warga Indonesia mulai takut jika kimat benar-benar terjadi pada tanggal 21 desember nanti. Apalagi orang yang imannya tidak kuat dan juga minim pengetahuan. Dan yang lebih parah, mereka mempercayainya, menjadi golongan orang musyrik.

So...
Jadi sekian dulu, aku capek nulisnya he he. Buat para teman-teman media masa, maaf ya aku cuma mengingatkan saja dengan analogi yang nyelneh, bukan bermaksud menjelek-jelekan. Sekian dulu catatanku tentang setan di kiamat 21 desember 2012, semoga bermanfaat. Akhir kata Wabillahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

0 comments em “Setan di Kiamat 21 Desember 2012”

Post a Comment